RSS

Tes Prestasi ? Perlu atau tidak yaa ?


Kalian tau apa yang dimaksud dengan tes prestasi ?

Sebenarnya kita sudah terbiasa dengan tes prestasi, namun kebanyakan dari kita mengenalnya dengan sebutan lain, seperti ujian atau ulangan harian saat kita masih di sekolah, UTS, UAS, UN, atau mungkin saat kuliah kita biasa mendapatkan kuis mendadak dari dosen.  Jadi tes prestasi itu dilakukan setelah kita mendapatkan materi pembelajaran sebelumnya, tes prestasi akan mengukur sejauh mana kita menguasai materi yang telah kita pelajari.

Secara teori, tes prestasi adalah salah satu alat ukur hasil belajar yang dapat mencangkup semua kawasan tujuan pendidikan, Benyamin S. Bloom (dalam Azwar, 2003) membagi kawasan tujuan pendidikan mejadi tiga bagian, yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik. 
Kalau ditanya apakah perlu tes prestasi itu dilakukan, jawabannya sudah pasti perlu. Tes prestasi akan menggambarkan pengetahuan kita mengenai materi yang telah kita pelajari sebelumnya. 
Bagaimana kita tahu kemampuan kita memahami suatu materi pembelajaran ? dengan tes prestasi hal tersebut dapat terlihat.Tes prestasi dibuat dengan sistematika tertentu, sesuai dengan silabus materi yang diberikan, tidak akan jauh melenceng dari materi apa yang sudah disampaikan sebelumnya. 

Bedasarkan fungsi formatif, tes prestasi dilakukan untuk melihat sejauh mana kemampuan belajar yang telah dicapai oleh siswa dalam suatu program pendidikan. Berdasarkan fungsi diagnostik, hasil tes belajar ini dapat digunakan untuk mendiagnosis kesukaran-kesukaran dalam belajar, mendeteksi kelemahan-kelemahan siswa yang dapat segera diperbaiki. Berdasarkan Fungsi sumatif, hasil dari tes prestasi ini dapat mendapatkan informasi mengenai penguasaan pelajaran yang telah direncanakan sebelumnya dalam suatu program pembelajarn. Terakhir, berdasarkan fungsi penempatan, kita dapat mengklasifikasi siswa ke dalam suatu bidang atau jurusan yang sesuai.

Walaupun sekarang ini banyak terdapat pro dan kontra mengenai tes prestasi, dengan segala kelebihan dan kekurangannya menurut saya pribadi tes prestasi ini perlu untuk dilakukan.

Terima Kasih :)
Semoga bermanfaat..


Reni Nurhayani
1125115111
Non Reguler B 2011




0 comments:

Post a Comment